Jenis Alergen di Sekitar, Ini 3 Jenisnya!

May 14, 2020

Jenis alergen yang memicu reaksi alergi karena sistem kekebalan tubuh yang sensitif ada di mana-mana. Alergen adalah istilah lain untuk pemicu alergi. Alergen dapat beterbangan bebas dan terhirup ke dalam saluran pernapasan, kontak langsung dengan kulit, atau terkena mata. Gejala alergi umumnya memang tidak berbahaya, namun apabila tidak ditanggulangi, dapat menimbulkan reaksi yang lebih parah.

Untuk itu, penting mengenali apa itu jenis alergen agar Quixx friends bisa lebih waspada. Alergen udara yang paling umum adalah serbuk sari, spora jamur, debu rumah, tungau debu rumah, alergen hewan, alergen serangga, alergen industri, alergen makanan dan obat.[1]

Berikut adalah tiga jenis alergen utama yang umum ditemukan di udara sekitar:

1. Serbuk sari

Serbuk sari adalah alat reproduksi dari beragam tanaman, khususnya yang berbunga. Bagian tumbuhan ini memiliki ukuran sangat kecil, ringan, dan kering sehingga dapat mudah diterbangkan oleh angin. Jumlah serbuk sari yang beterbangan di udara biasanya akan lebih banyak saat cuaca berangin yang disertai udara kering. Peningkatan jumlah ini dapat menimbulkan reaksi alergi, terutama bagi orang yang sensitif terhadap serbuk sari. Gejalanya bisa berupa hidung tersumbat atau beringus (meler), mata berair, tenggorokan dan mata yang gatal, batuk-batuk, dan bengkak di area bawah mata.

2. Tungau debu

Tungau debu biasa terdapat dalam rumah dan berukuran sangat kecil. Akibatnya, serangga ini sulit dilihat tanpa bantuan alat khusus. Serangga ini hidup di lingkungan yang lembap dan hangat, seperti tempat tidur, sofa, dan karpet. Mereka bertahan hidup dengan memakan sel-sel kulit mati yang terlepas dari kulit manusia.Tungau debu sebetulnya tidak menggigit ataupun menyebarkan penyakit. Yang menyebabkan reaksi alergi umumnya adalah kotoran tungau, bukan serangga itu sendiri.

Alergen ini juga kerap memicu kondisi rhinitis alergi. Orang yang alergi tungau debu bisa mengalami gejala berupa mata merah dan berair, bersin-bersin, hidung beringus, gatal-gatal pada hidung, tenggorokan, dan langit-langit dalam mulut, serta batuk. Serangan asma pun bisa dipicu oleh kotoran tungau debu. Bila serangga ini menyebabkan serangan asma, tak hanya gejala alergi yang terjadi karena ciri khas asma juga akan dialami oleh penderita. Keluhan khas dari serangan asma tersebut adalah mengi (muncul bunyi ‘ngik’ saat menghembuskan napas), kesulitan bernapas, hingga nyeri dada.

 3. Wewangian Tertentu

Ada pula wewangian dari bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi alergi apabila terhirup. Misalnya, senyawa tertentu yang terkandung dalam sabun mandi, deterjen, losion, maupun perhiasan dan aksesori. Bahan lateks juga bisa menjadi salah satu alergen. Apabila terjadi kontak antara bahan-bahan tersebut dengan kulit, gejala yang muncul bisa meliputi kulit yang merah, terasa gatal, membengkak, bersisik, hingga melepuh.[2]

Dengan mengetahui jenis-jenis alergen di balik reaksi alergi, Quixx friends bisa mulai menghindarinya. Karena inilah cara terbaik untuk mencegah alergi.Beberapa upaya menghindari alergen dapat dilakukan meliputi:

  • Mencermati bahan-bahan kimia yang tercantum di kemasan produk sebelum menggunakannya. Contohnya, kosmetik, pelembap, sabun mandi, serta deterjen.
  • Membersihkan rumah secara rutin agar tidak berdebu dan lembap, khususnya ruangan yang sering Anda gunakan (seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga). Kenakanlah masker ketika Anda bebersih.
  • Jangan lupa juga untuk mencuci kipas angin atau pendingin ruangan yang digunakan.[3]

Kita tahu kalau akan sulit untuk benar-benar terhindar dari alergen di udara sekitar ini, maka dari itu untuk mencegah dan meminimalisir gejala, pakai dulu Quixx sebelum beraktivitas ya! QUIXX Nasal Protection adalahproduk semprot hidung pertama di Indonesia berbentuk bubuk. Bubuk QUIXX akan berubah menjadi gel mukosa di hidung yang akan membuat polusi, bakteri, virus dan udara kotor di lini awal terperangkap dan tidak bisa masuk dalam napas dan tubuhmu. QUIXX terbuat dari bahan alami, teruji klinis, serta telah dijual di lebih dari 30 negara termasuk USA, China dan Rusia. Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi napas selama 6-8 jam dalam sekali pakai! Pakai QUIXX sebelum beraktivitas baik di luar maupun dalam ruangan agar napasmu terlindungi selalu dan rhinitis alergi pun bisa dicegah serta diminimalisir. Stay protected!


[1] https://www.intechopen.com/books/allergic-diseases-new-insights/airborne-allergens

[2] https://www.sehatq.com/artikel/tanpa-sadar-alergen-mungkin-ada-di-dekat-anda

[3]  https://www.sehatq.com/artikel/tanpa-sadar-alergen-mungkin-ada-di-dekat-anda

RELATED ARTICLES

Masker Sekali Pakai, Sumber Ut... January 29, 2021
Selain Covid-19, Waspada Penya... January 22, 2021
Tidak Mudah Kena Flu di Musim ... January 15, 2021
Pentingnya Jaga Jarak untuk Ce... January 8, 2021