Olahraga Penguat Pernapasan di Era New Normal

May 17, 2020

Olahraga penguat pernapasan di masa ini penting sekali lho Quixx friends! Sebagai garda depan masuknya virus dan bakteri, sistem pernapasan kita harus kuat agar dapat melindungi tubuh dengan baik. Nah, kita bisa lho melakukan berbagai olahraga berikut ini untuk memperkuat sistem pernapasan. Yuk disimak!

1. Yoga

Yoga dirancang khusus untuk membantu tubuh dalam melepaskan racun dari otot dan organ. Melakukan yoga pernapasan selama 15–30 menit setiap harinya bisa membantu tubuh menghilangkan racun di paru-paru.[1]

2. Jalan kaki

Berjalan kaki adalah olahraga yang baik untuk menyesuaikan dengan pola pernapasan. Dengan menyesuaikan pola pernapasan, lama-lama kita membangun kapasitas bernapas yang lebih baik. Pastikan untuk tidak memaksakan diri terlalu cepat berjalan ya. Berikan kesempatan pada tubuh untuk berjalan secara teratur dalam seminggu. Untuk menjaga paru-paru tetap sehat, cobalah rutin melakukan olahraga ini selama 30 menit setiap harinya. Rutin berjalan kaki bisa meningkatkan kapasitas pernapasan dan kualitas hidup. Di samping itu, aktivitas fisik ini juga bisa membantu memberikan energi untuk tubuh dan memperkuat paru-paru.[2]

3. Berenang atau aerobik di air

Berenang mampu meningkatkan volume darah, sehingga lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam paru-paru dan otot serta lebih efisien dalam pelepasan karbon dioksida. Renang memang dapat membuat paru-paru tetap sehat. Ketika berenang, seseorang melakukan latihan pernapasan, seperti mengambil, menahan, dan mengeluarkan napas. Ini bisa meningkatkan efektivitas dari paru-paru, sehingga bisa bekerja lebih optimal dan sehat.

4. Tai chi

Dengan olahraga tai chi, bukan hanya aktivitas fisik yang didapatkan, melainkan teknik napas kita otomatis juga akan ikut terlatih. Dengan gerakan tai chi yang lambat dan anggun juga dapat membantu untuk rileks, menenangkan pikiran, memperbaiki postur, dan menjaga keseimbangan tubuh.

5. Latihan Pernapasan

Ahli di University of Missouri mengatakan kalau latihan pernapasan dengan perut bisa memperkuat dan membersihkan paru-paru. Caranya mudah kok, mulai lah dengan berbaring terlentang dan tangan diletakkan di atas perut dengan telapak di bagian bawah tulang rusuk. Lalu, ambilah napas secara perlahan dan dalam, sehingga memungkinkan diafragma memperluas. Setelah menahan napas sejenak, buanglah napas secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan ini selama lima menit sambil berbaring santai dan mata tertutup. Ini dilakukan untuk menarik oksigen ke bawah paru-paru. [3]

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan QUIXX untuk melindungi napasmu dari virus dan udara kotor di sekitar lho! QUIXX Nasal Protection adalah produk semprot hidung dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai. Bubuk QUIXX dalam hidung akan berubah bentuk menjadi gel mukosa yang mencegah polusi, bakteri, virus dan udara kotor “terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk dalam napas dan tubuhmu. Terbuat dari bahan alami dan teruji klinis. Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi napas selama 6-8 jam dalam sekali pakai! Pakai QUIXX sebelum beraktivitas baik di luar maupun dalam ruangan agar napas dan tubuhmu terlindungi selalu dari udara kotor. Stay protected!


[1] https://www.halodoc.com/artikel/mau-paru-paru-semakin-sehat-coba-4-olahraga-ini

[2] https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/12/060600020/4-olahraga-untuk-mereka-yang-punya-napas-pendek?page=all

[3] ibid

RELATED ARTICLES

Masker Sekali Pakai, Sumber Ut... January 29, 2021
Selain Covid-19, Waspada Penya... January 22, 2021
Tidak Mudah Kena Flu di Musim ... January 15, 2021
Pentingnya Jaga Jarak untuk Ce... January 8, 2021