Sering Bersin di Pagi Hari, Apakah Normal?

June 7, 2020

Sering bersin memang menganggu aktivitas. Berawal dari hidung yang terasa gatal yang menjadi tanda datangnya bersin. Rasa gatal ini sulit ditahan, karena keluarnya bersin memang sulit untuk dikontrol. Beberapa dari kamu pasti pernah mengalami bersin lebih dari satu kali, padahal tubuh sedang tidak terserang flu. Nah, bagaimana bila bersin ini menjadi rutinitas tersendiri, misalnya setiap pagi kamu pasti sering bersin?

Proses Terjadinya Bersin

Saat beraktivitas di luar ruangan, udara yang bercampur dengan debu dan kotoran akan terhirup oleh hidung. Saat menyentuh bulu hidung, otak menerima sinyal dari sel saraf dan dengan segera memproduksi histamin yang membuat hidung terasa gatal.

Bersamaan dengan itu, otak akan mengirimkan sinyal ke otot tenggorokan dan paru-paru untuk mengeluarkan udara kotor tersebut melalui tenggorokan. Hal ini yang disebut proses terjadinya bersin.

Terkadang ingus atau lendir lunak yang berada dalam rongga hidung akan turut keluar jika tekanan bersin terlalu kuat. Ingus ini membawa serta partikel kotoran yang terdapat pada hidung. 

Penyebab Bersin

Umumnya, bersin disebabkan karena masuknya debu dan kotoran. Namun, masih ada beberapa hal lain yang menyebabkan kamu bersin, seperti:

  1. Infeksi

Infeksi saluran pernapasan bagian akibat virus flu sering menjadi penyebab kamu mengalami bersin-bersin. Hal ini terjadi saat daya tahan tubuh kamu sedang lemah. Melansir dari Healthline, ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan flu.

Kebanyakan flu disebabkan oleh virus penyakit rhinitis akibat adenovirus dan rhinovirus. Cara agar terhindar dari infeksi dan penularannya yaitu selalu menjaga kesehatan tubuh kamu dengan pola makan sehat, rutin berolahraga, dan mengonsumsi vitamin C. 

  • Alergi

Alergi terjadi karena tubuh merespon adanya organisme asing yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Saat tubuh berada pada kondisi normal, daya tahan tubuh memberikan perlindungan sepenuhnya bagi tubuh dengan melawan semua organisme berbahaya tadi.

Biasanya, alergi yang berkaitan dengan bersin disebabkan karena debu, serbuk bunga, atau asap. Bersin menjadi cara yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan organisme tersebut.

  • Sensitif Terhadap Sinar Matahari

Meskipun jarang terjadi, beberapa orang mengalami bersin akibat dari paparan sinar matahari. Hal ini terjadi akibat tubuh yang terlalu sensitif pada cahaya. Kondisi inilah yang membuat orang cenderung melihat ke arah cahaya matahari saat hidung terasa gatal tetapi bersin tidak bisa keluar.[1]

Jadi, lakukan langkah berikut yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan bersin karena alergi:

  • Gunakan penyedot yang menghisap udara keluar dan buka jendela. Jangan lupa untuk menutup pintu saat masak atau mandi agar udara yang lembap tidak menyebar ke seluruh ruangan di dalam rumah.
  • Jangan mengelap permukaan barang dengan kain lap kering, karena bisa menyebarkan alergen. Gunakan lah kain lap bersih yang lembap untuk membersihkan debu.
  • Sebaiknya hindari penggunaan karpet untuk melapisi lantai, karena penggunaan karpet yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat bersarangnya debu. Sebaiknya pilih bahan vinil keras atau kayu sebagai lapisan lantai.
  • Untuk barang-barang seperti tirai, bantal, kain pelapis furnitur, dan boneka anak, bersihkan dengan cara mencuci atau menggunakan alat penyedot debu secara rutin.
  • Atasi masalah pengembunan dan kelembapan di dalam rumah dengan memiliki ventilasi yang baik, dan selalu jaga rumah dalam kondisi kering.[2]

Kini, kamu bisa juga memiliki perlindungan ekstra dengan menggunakan QUIXX Nasal Protection Spray sebelum memakai masker. Cara kerja QUIXX yang berbentuk bubuk ini adalah melapisi dari dalam hidung dam bertindak sebagai lapisan gel mukosa yang mencegah kuman, bakteri dan partikel udara kotor di lini awal. Pemakaiannya pun praktis dan langsung bekerja dalam 2 (dua) menit, bekerja efektif melindungi saluran pernapasan kamu selama 6-8 jam dalam sekali pemakaian. QUIXX mengandung bahan alami, tanpa efek samping seperti kantuk, dan telah teruji klinis. Jadi tunggu apa lagi? Segera berikan dirimu perlindungan ekstra untuk kesehatan pernapasanmu dengan QUIXX Nasal Protection Spray.


[1] https://www.halodoc.com/artikel/serba-serbi-bersin-ini-yang-perlu-diketahui

[2] https://www.halodoc.com/artikel/jangan-anggap-sepele-bersin-di-pagi-hari-jangan-jangan-rhinitis

RELATED ARTICLES

Masker Sekali Pakai, Sumber Ut... January 29, 2021
Selain Covid-19, Waspada Penya... January 22, 2021
Tidak Mudah Kena Flu di Musim ... January 15, 2021
Pentingnya Jaga Jarak untuk Ce... January 8, 2021