Aman dalam Transportasi Umum di Masa Pandemi

June 25, 2020

Aman dalam transportasi umum di masa pandemi adalah keinginan setiap orang yang bergantung pada transportasi ini. Karena walaupun pandemi virus corona belum berakhir, namun aktivitas harus tetap berjalan. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri mengingat banyaknya pengguna transportasi umum dan sirkulasi udara yang tertutup di dalamnya. Berikut beberapa panduan yang sebaiknya diikuti agar tetap aman dalam transportasi umum di masa pandemi:

1. Pastikan Kita dalam Kondisi Sehat

Sebelum kembali menggunakan transportasi umum, pastikan kamu memiliki kondisi tubuh yang sehat. Hal ini berguna untuk mencegah penyebaran virus pada orang lain di dalam transportasi umum. Bila kamu merasa memiliki kondisi fisik yang tidak sehat, maka pilihan untuk work from home bisa jadi solusi terbaik. Selain bisa mencegah penularan virus pada orang lain, bekerja di dalam rumah dan tidak melakukan banyak aktivitas di luar juga bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat.

2. Wajib Pakai Masker

Kondisi sekarang ini, kamu wajib menggunakan masker saat pergi ke luar rumah. Terutama di transportasi umum, kamu diwajibkan tidak melepas masker sama sekali. Masker bisa melindungi kamu dari debu, bakteri dan virus penyebab penyakit. Masker bisa mencegah droplet dari orang lain masuk ke dalam saluran napas, yang nantinya bisa menginfeksi tubuh. Karena itu, jangan lepas masker selama bepergian ke luar rumah.

3. Jaga Jarak dengan Penumpang Lainnya

Saat menggunakan transportasi umum, pastikan kamu menjaga jarak dengan penumpang lain. Hindari juga menyentuh wajah dan benda sekitar, seperti jendela, gagang pintu, dan benda lain di dalam transportasi umum. Apabila menggunakan ojek online, biasakan membawa helm pribadi.

4. Pembayaran Non-Tunai

Supaya lebih aman, kamu juga diminta untuk membayar dengan transaksi non tunai. Kalau memang harus bawa uang tunai, pastikan segera cuci tangan dengan air dan sabun, atau hand sanitizer. Namun, setelah sampai di tempat tujuan, jangan lupa mencuci tangan lagi agar kuman yang menempel bisa mati secara menyeluruh.

Amankah Naik Transportasi Umum saat New Normal?

Sebenarnya tidak ada yang aman selama pandemi ini masih berlangsung. Maka dari itu, disarankan agar kita membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Bila tidak memiliki kendaraan pribadi dan terpaksa naik transportasi umum, panduan-panduan yang disebutkan tadi wajib dilakukan. Selain itu, kita juga sebaiknyatidak memaksa naik transportasi umum bila bus atau kereta sedang dalam kondisi penuh. Sebaiknya, tunggu bus dan kereta yang sepi, barulah kamu naik transportasi tersebut.[1]

Butuh Perlindungan EXTRA di Masa Pandemi?

Kamu bisa mencegah kuman, bakteri dan partikel udara kotor lain ke tubuhmu dengan QUIXX lho! QUIXX Nasal Protection adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai dan tidak membuat tersedak. Bubuk QUIXX dalam hidung akan berubah bentuk menjadi gel mukosa yang mencegah polusi, bakteri, kuman dan udara kotor “terperangkap” di lini awal, bikin kita jadi nggak gampang sakit. Terbuat dari bahan alami dan telah teruji klinis.

Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai! Pakai QUIXX sebelum beraktivitas baik di luar maupun dalam ruangan, terutama sebelum naik transportasi umum untuk perlindungan EXTRA.


[1] https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3639985/panduan-naik-transportasi-umum-saat-new-normal

RELATED ARTICLES

Usir Bosan, Olahraga Outdoor J... February 5, 2021
Masker Sekali Pakai, Sumber Ut... January 29, 2021
Selain Covid-19, Waspada Penya... January 22, 2021
Tidak Mudah Kena Flu di Musim ... January 15, 2021