Bersin Pagi Hari, Ini 6 Penyebabnya Selain AC Kotor

July 5, 2020

Bersin di pagi hari biasanya tiba-tiba muncul setelah bangun tidur, padahal kamu tidak sedang mengalami flu. Biasanya gejala bersin-bersin di pagi hari ini juga secara tiba-tiba akan menghilang pada siang harinya. Bersin di pagi hari ini tentunya akan sangat menggangu bila terjadi secara rutin setiap harinya.

Penyebab sering bersin di pagi hari berkaitan dengan kondisi tubuh dan kondisi lingkungan tempat tidur. Hal ini bisa muncul karena alergi, peradangan, maupun karena kondisi ruangan atau udara yang tidak sesuai dengan kenyamanan.

1. Udara Kering

Penyebab sering bersin di pagi hari juga bisa disebabkan udara di ruangan tempat tidur. Udara kering, baik yang disebabkan oleh AC atau suhu ruangan dapat membuat lapisan di dalam hidung menjadi kering, dan menjadi penyebab sering bersin saat bangun tidur.

Lapisan lendir di dalam hidung memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan dan menangkap setiap benda asing yang masuk. Ketika hidung menjadi kering, lendir hidung tidak bisa menahan benda asing yang masuk. Akibatnya, alergen tersebut dapat masuk dengan mudah dan membuat hidung menjadi gatal hingga bersin-bersin.[1]

2. Alergi terhadap suhu dingin

Ketika kamu bernapas di udara dingin, saraf trigeminal akan mendapatkan sinyal dari lapisan sensitif saluran hidung. Untuk sebagian orang, bahkan embusan angin dingin saja sudah bisa membuatnya jadi bersin.

3. Terlalu sering menghirup asap rokok

Meski kamu tidak merokok, tapi berada di lingkungan perokok bisa membuat kamu jadi lebih sering bersin dari biasanya. Sebab, asap rokok mengandung banyak bahan kimia yang dapat membuat selaput hidung jadi teriritasi. Selain bersin, kamu juga lebih mungkin untuk batuk dan susah bernapas.

4. Mencium bau rempah masakan

Aroma yang terlalu menyengat dari rempah-rempah masakan juga bisa memicu terjadinya bersin-bersin yang berlebih. Kamu mungkin pernah atau bahkan sering bersin ketika mencium aroma masakan pedas yang baru saja diolah. Ini adalah hal yang wajar karena hidungmu mungkin merasa asing dengan bau tersebut. Jika hal ini terasa mengganggu, jauhi dapur agar bersin tidak terus terjadi.[2]

5. Debu dan tungau tidak terlihat dari sarung bantal atau seprai

Banyak orang mengalami alergi akibat tungau debu. Serangga ini hidup di sudut rumah, perabotan berlapis kain, bahkan kasur dan bantal. Oleh sebab itu, Anda perlu rutin mengganti seprai, selimut, dan sarung bantal untuk mengurangi populasi tungau.

Cuci seluruhnya setiap dua minggu sekali dengan air panas untuk membunuh tungau secara menyeluruh. Setelah itu, jemur di bawah terik matahari supaya tidak ada tungau yang menempel. Usahakan untuk mengganti bantal dan guling tiap enam bulan sekali.

6. Menghindari bulu hewan peliharaan

Pemilik hewan peliharaan biasanya lebih rentan mengalami rinitis alergi. Alergi kucing atau hewan lainnya sebenarnya bukan disebabkan oleh bulu, melainkan sel kulit mati, air liur, serta urine pada bulu yang memancing respons sistem kekebalan tubuh.

Cara terbaik mengobati rinitis alergi secara alami adalah dengan tidak membiarkan hewan peliharaan berkeliaran di dalam rumah. Namun, apabila tidak tega terus membiarkan hewan kesayangan berada di luar, tips berikut mungkin bisa membantu.

  • Batasi mereka agar hanya bermain di satu ruangan saja, tapi jangan gunakan karpet di ruangan tersebut.
  • Jangan biarkan hewan peliharaan masuk dan tidur bersama di kamar tidur.
  • Mandikan hewan peliharaan setidaknya dua minggu sekali di luar rumah.
  • Bersihkan kandangnya secara rutin dan menyeluruh.
  • Bersihkan setiap perabotan yang sering disentuh hewan peliharaan.[3]

Nah, selain kamu sebaiknya meminimalisir pencetus alergi yang sudah disebut di atas, kamu juga bisa mencegah alergen serta partikel udara kotor lain masuk ke tubuhmu dengan QUIXX untuk proteksi ganda lho! QUIXX Nasal Protection adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai. Bubuk QUIXX dalam hidung akan berubah bentuk menjadi gel mukosa yang mencegah polusi, bakteri, kuman dan udara kotor “terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk dalam napas dan tubuhmu.

Terbuat dari bahan alami dan teruji klinis. Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai! Pakai QUIXX sebelum beraktivitas baik di luar maupun dalam ruangan agar napas dan tubuhmu terlindungi selalu dari udara kotor. Dengan begitu, kamu bisa terproteksi EXTRA dalam kondisi dan kualitas udara yang tidak menentu.


[1] https://www.halodoc.com/artikel/jangan-anggap-sepele-bersin-di-pagi-hari-jangan-jangan-rhinitis

[2] https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3633014/5-penyebab-mengapa-anda-bersin-terus-menerus

[3] https://hellosehat.com/alergi/hidung-dan-mata/obat-rinitis-alergi/#gref

RELATED ARTICLES

Masker Sekali Pakai, Sumber Ut... January 29, 2021
Selain Covid-19, Waspada Penya... January 22, 2021
Tidak Mudah Kena Flu di Musim ... January 15, 2021
Pentingnya Jaga Jarak untuk Ce... January 8, 2021