Udara Rumah Lebih Bersih? Begini 6 Caranya!

September 24, 2020

Udara rumah lebih bersih adalah dambaan banyak orang. Namun, polusi adalah hal yang sudah biasa kita temui setiap hari, baik di jalan raya ketika berangkat kerja atau di depan rumah, ketika banyak kendaraan berseliweran. Untuk itu, seharusnya rumah menjadi ‘tempat pelarian’ yang nyaman dan memberikan udara segar dan berkualitas bagi kita. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat udara rumah lebih bersih.

1. Depan pintu
Menjaga kebersihan rumah adalah satu cara untuk meningkatkan kualitas udara. Sebaiknya, pasang keset yang kuat di depan pintu agar tak ada kotoran dari sandal atau sepatu yang terbawa ke dalam rumah. Pastikan keset terpasang secara vertikal, sehingga seseorang harus melewatinya beberapa kali sebelum masuk rumah dan membuat kaki menjadi lebih bersih.

2. Cat tembok
Jangan salah, bau yang dihasilkan oleh cat tembok juga bisa mengganggu pernapasan jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Menghirup debu dan timbal dari cat tembok bisa menyebabkan kerusakan otak. Pastikan juga cat tembok tak mengandung timbal.

3. Pembersih rumah tangga dan pestisida
Untuk menghindari zat kimia berbahaya, gunakan produk yang berbasis deterjen serta ramah lingkungan. Jika mendapati peringatan seperti ‘berbahaya’, ‘mudah terbakar’ dan lainnya, sebaiknya cari produk lain.

4. Jendela tertutup rapat
Jika tinggal di daerah yang tak berpolusi, membuka jendela bisa jadi hal yang baik karena memungkinkan udara segar masuk ke rumah. Namun jika rumah berada di daerah yang berpolusi, lebih baik pikirkan lagi sebelum membuka jendela. Perhatikan juga adanya celah terbuka pada jendela. Celah yang terbuka sepanjang tahun bisa mengeluarkan bau yang berasal dari pelitur perabotan. Selain itu, ini akan mengurangi kelembapan udara dalam rumah. Jika memiliki alergi, sebaiknya belilah pembersih udara dengan efisiensi tinggi. Untuk asap tembakau dan rokok, sebaiknya gunakan pembersih udara yang mengandung filter karbon aktif.

5. Produk atau perabot dari kayu lapis
Perabot atau furnitur yang terbuat dari kayu lapis seperti panel, lemari, atau produk lain yang dirakit biasanya menggunakan urea-formaldehida dan perekat. Kedua hal tersebut diketahui sebagai karsinogen yang bisa membahayakan manusia. Formaldehida bisa mengiritasi saluran pernapasan dan bisa memperburuk reaksi alergi. Sebaiknya pilih furnitur dan perabot yang terbuat dari besi atau kayu keras dan berkualitas.

6. Pendingin ruangan (AC)
Baik jenis AC sentral atau berbentuk jendela bisa menjadi tempat berkembangnya kuman dan jamur, terutama jika benda tersebut jarang digunakan. Jika menggunakan AC di rumah, sebaiknya sering lakukan pembersihan seperti mengganti air dan mengganti penyaringnya. Dengan perawatan yang baik dan teratur akan mengurangi kemungkinan munculnya kuman dan jamur pada AC atau jendela.

­­­­Selain mengikuti tips berikut, kamu bisa juga memakai perlindungan ganda dari QUIXX lho! QUIXX Nasal Protection adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai. Bubuk QUIXX dalam hidung akan berubah bentuk menjadi gel mukosa yang mencegah polusi, bakteri, kuman dan udara kotor “terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk dalam saluran pernapasan dan tubuhmu.

Terbuat dari bahan alami dan teruji klinis. Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai! Pakai QUIXX sebelum beraktivitas baik di luar maupun dalam ruangan agar saluran pernapasan dan tubuhmu terlindungi selalu dari udara kotor. Dengan begitu, kamu bisa terproteksi EXTRA dimanapun!

RELATED ARTICLES

Bersin Karena Peliharaan? Ini ... December 24, 2020
Cara Mengukur Kualitas Udara d... December 6, 2020
Anak Kos Rentan Udara Kotor, I... November 26, 2020
Kualitas Udara Pekerja Lapanga... November 8, 2020