Tips Cegah Debu, Ini 9 Tips Supaya Debu Nggak Menumpuk

October 4, 2020

Tips cegah debu agar tidak menumpuk dibutuhkan untuk kamu yang merasa sudah sering bebersih tapi debu tetap datang. Debu merupakan zat kimia padat yang terbentuk dari berbagai benda, seperti sel kulit mati, partikel udara kecil, minyak, dan sebagainya. Tanpa kamu sadari, kamar yang penuh debu nggak baik bagi pernapasanmu, lho! Apalagi jika setiap hari kamu menyalakan kipas angin atau AC tanpa henti. Debu yang ada di dalam kamar bisa terus berputar sehingga kualitas udara jadi tak segar.

Walau kamar sudah disapu atau dipel setiap hari, kenapa selalu ada spot-spot yang terlewat bahkan menjadi tumpukan debu. Coba kamu intip di bagian atas lemari, sela-sela jendela, dan kolong tempat tidur, yakin sudah benar-benar bersih?

Tumpukan debu adalah sumber penyakit yang berbahaya. Namun, tumpukan ini juga terus bermunculan walaupun kita rutin membersihkannya. Lalu, bagaimana cara mencegah debu tak terlihat menumpuk di ruangan yang menganggu kualitas udara? Yuk, simak beberapa tips cegah debu ini!

1. Gunakan lap basah

Tips cegah debu pertama adalah mengganti lap kering yang biasanya dipakai dengan lap basah. Biasanya saat membersihkan lantai kita mulai dengan menyapu lalu mengepel. Lakukanlah hal yang sama untuk membersihkan sela-sela dan furnitur di kamar. Gunakan kemoceng untuk menyingkirkan debu di perabotan, jendela, dan lainnya. Bersihkanlah secara perlahan agar debunya nggak terbang ke mana-mana.

Setelah itu bersihkan ulang menggunakan kain basah untuk menyingkirkan debu-debu yang tertinggal. Kamu bisa membersihkannya 2-3 kali hingga benar-benar bersih. Sebaiknya lakukanlah langkah ini sebelum membersihkan lantai agar kamu bisa menyapu dan mengepel sisa-sisa debu yang berjatuhan setelahnya.

2. Jangan simpan barang di kolong

Ruang kosong sedikit di bawah furnitur memang terlihat ‘menggoda’ untuk menyimpan barang. Tapi, kebiasaan ini bisa membuat kamarmu jadi sarang debu, lho! Hindari menyimpan barang-barangmu di kolong tempat tidur ataupun lemari. Benda-benda di bawah ini tentunya rentan terhadap kotoran sehingga mudah berdebu.

Selain itu barang yang diletakkan di kolong juga membuatmu sulit untuk membersihkan lantai secara menyeluruh. Usahakan menyimpan barang-barangmu di tempat yang lebih terjangkau dan mudah dibersihkan.

3. Hindari menaruh baju kotor sembarangan

Hindari kebiasaan buruk ini, ya! Selain membuat kamar berantakan, baju kotor yang menumpuk juga bisa membuat tumpukan debu. Sediakan tempat khusus menaruh baju kotor di kamar. Usahakan agar mencuci pakaian secara rutin dan nggak membiarkannya sampai menggunung.

4. Perhatikan kebersihan tempat tidur

Tips mencegah debu menumpuk satu ini juga nggak kalah penting. Tanpa disadari tempat tidur bisa menjadi salah satu sumber debu dan kuman tak terlihat. Biasakanlah untuk merapikan tempat tidur setiap kali bangun tidur. Bersihkan pula permukaan kasur menggunakan sapu lidi atau vacuum cleaner paling tidak 2 kali sehari. Gantilah seprai dan sarung bantal setiap minggu agar tak menjadi tempat berkumpul debu dan kuman. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan bantal dan kasur.

Selama ini mungkin kamu hanya memperhatikan seprai dan sarungnya. Namun, kasur dan bantal justru bisa lebih rentan menjadi sarang bakteri, debu, dan tungau karena jarang dibersihkan. Jemurlah bantal secara rutin sambil menggebuknya dengan sapu lidi. Kalau perlu hindarilah menggunakan kasur atau bantal dari kapuk.

5. Minim pajangan

Mendekorasi kamar dengan beragam hiasan memang menyenangkan. Namun, terlalu banyak pajangan bisa membuatnya jadi sumber debu, apalagi jika kamu sering lupa atau malas membersihkannya secara berkala. Jadi, usahakanlah untuk memajang beberapa benda saja. Sekalipun ada, harus rajin dibersihkan setidaknya 2 hari sekali.

6. Rajin Membersihkan AC

Tips mencegah debu bersarang selanjutnya adalah membersihkan AC dan kipas angin. Hal ini sangat penting, ya, terutama bagi yang suka menyalakannya hampir 24 jam. Baling-baling kipas angin dan filter AC adalah tempat yang sempurna bagi debu. Bayangkan jika kamu menyalakannya setiap saat, deh. Tanpa kamu sadari udara yang kamu hirup sudah bercampur dengan debu dan kotoran! Paling tidak bersihkanlah kipas angin 1-2 minggu sekali dan AC sebulan sekali.

7. Menata pakaian di lemari

Pernah membuka lemari pakaian lalu tiba-tiba bersin? Jangan-jangan lemarimu penuh dengan debu, tuh! Lemari pakaian tak jarang menjadi tempat menumpuknya debu, apalagi jika lemari pakaianmu tidak berpintu. Untuk pakaian yang dilipat, kamu bisa menggunakan box-box plastik untuk menyimpannya. Nah, untuk yang digantung, gunakanlah plastik khusus pembungkus pakaian.

Trik ini akan mempermudahmu untuk membersihkan debu di dalam lemari. Jangan lupa juga untuk membersihkan lemari dan menutup pintunya dengan rapat, ya!

8. Larang peliharaan bermain di kamar

Punya peliharaan seperti kucing dan anjing memang menyenangkan. Saking gemasnya, kita pun nggak ragu untuk membawanya ke kamar dan bermain di tempat tidur.

Sayangnya hal ini malah akan membuat debu mudah menumpuk di kamarmu. Bulu-bulu hewan yang halus mudah ditempeli oleh berbagai kotoran, sekalipun mereka nggak bermain di luar rumah. Belum lagi jika bulunya rontok dan bertebaran di mana-mana.

Jadi, mulai sekarang jangan membawa hewan peliharaan masuk ke kamarmu, ya! Jangan lupa juga untuk rutin memandikannya agar senantiasa bersih.

9. Bersihkan karpet

Karpet hangat di dalam kamar memang bikin suasana cozy banget! Tapi, kalau jarang dibersihkan bisa-bisa jadi sumber debu di kamarmu, nih. Perhatikan kebersihan karpetmu terutama jika memiliki bahan berbulu dan tebal. Usahakanlah untuk membersihkan karpet paling tidak 2 minggu sekali.

Bersihkan karpet menggunakan sapu lidi atau mengibasnya di halaman rumah. Kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci karpet secara berkala. Jika tak memungkinkan untuk mencucinya di rumah, nih, kamu bisa menggunakan jasa laundry atau profesional.

Trik lainnya adalah gulung atau lipatlah karpetmu jika sedang tidak digunakan. Hal ini untuk meminimalisasi menempelnya debu atau berbagai kotoran pada permukaan karpet.

Itulah 9 tips mencegah debu menumpuk di kamar yang bisa kamu ikuti. Selain tips di atas, kamu bisa melindungi saluran pernapasan dan tubuhmu dari debu dan alergen serta partikel udara kotor lain ke tubuhmu dengan QUIXX lho! QUIXX Nasal Protection adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai. Bubuk QUIXX dalam hidung akan berubah bentuk menjadi gel mukosa yang mencegah polusi, bakteri, kuman dan udara kotor “terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk dalam saluran pernapasan dan tubuhmu.

Terbuat dari bahan alami dan teruji klinis. Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai! Pakai QUIXX sebelum beraktivitas baik di luar maupun dalam ruangan agar saluran pernapasan dan tubuhmu terlindungi selalu dari udara kotor. Dengan begitu, kamu bisa terproteksi EXTRA dalam kondisi apapun.

RELATED ARTICLES

Bersin Karena Peliharaan? Ini ... December 24, 2020
Kualitas Udara Pekerja Lapanga... November 8, 2020
Polusi Saat Macet? Ini Cara Na... October 22, 2020
Udara Rumah Lebih Bersih? Begi... September 24, 2020