Kualitas Udara Pekerja Lapangan, Ini Cara Terlindungi Saat Bekerja!

November 8, 2020

Kualitas udara pekerja lapangan seperti offsite worker, pekerja konstruksi, surveyor dan lainnya tentu berbeda dengan karyawan yang berada dalam kantor indoor. Pekerja lapangan terpapar lebih banyak dengan polusi dan udara kotor dibanding karyawan biasa yang berada di dalam gedung. Lalu bagaimana kualitas udara pekerja lapangan seperti kita bisa ditingkatkan. Adakah cara melindungi diri dari udara kotor di masa pandemi seperti ini?

Pencemaran Udara Dimana-mana

Tingkat pencemaran udara yang mengandung polutan (zat yang menyebabkan pencemaran) sangat berbahaya bagi kesehatan. Dalam jangka waktu yang panjang, paparan polutan bisa menimbulkan infeksi saluran pernapasan.

Dilansir dari Liputan6.com, menurut Koordinator Perkumpulan Aksi Ekologi dan Emansipasi Rakyat (AEER), Pius Ginting, ada profesi yang sangat rentan terkena paparan polutan. “Profesi yang paling berdampak buruk terkena polutan itu profesi orang yang lebih banyak bekerja di lapangan (outdoor), salah satunya polisi. Polisi yang bertugas sehari-hari di jalan,”[1]

Tak hanya polisi, para pekerja yang mengendarai kendaraan bermotor roda dua juga rentan terkena paparan polutan.

“Ya, karena polutan itu juga keluar dari asap kendaraan bermotor. Orang yang mengendarai motor bisa terpapar polutan,” lanjutnya.

Polutan beracun

Kandungan polutan beracun berupa karbon monoksida, sulfur dioksida, atau nitrogen dioksida. Terlebih lagi ada muncul polutan baru, yang disebut particulate matter 2,5.

Polutan particulate matter 2,5 ini sangat berbahaya karena bisa mengandung unsur karbon monoksida, sulfur dioksida, atau nitrogen dioksida.

Infeksi saluran pernapasan yang terjadi karena paparan polutan bisa berujung terjadinya penyumbatan pembuluh darah di jantung.

Material halus dari particulate matter 2,5 akan menempel di pembuluh darah, yang menimbulkan flek. Kemudian flek yang semakin menumpuk akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di jantung.[2]

Terlindung EXTRA dengan QUIXX

Sebagai pekerja lapangan, kamu bisa lho melindungi diri dengan EXTRA bersama QUIXX. QUIXX Nasal Protection adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai. Bubuk QUIXX dalam hidung akan berubah bentuk menjadi gel mukosa yang mencegah polusi, bakteri, kuman dan udara kotor “terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk dalam saluran pernapasan dan tubuhmu.

Terbuat dari bahan alami dan teruji klinis. Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai! Pakai QUIXX sebelum beraktivitas baik di luar maupun dalam ruangan agar saluran pernapasan dan tubuhmu terlindungi selalu dari udara kotor. Dengan begitu, kamu bisa terproteksi EXTRA dalam kualitas udara dan kondisi lapangan kerja apapun.


[1] https://www.liputan6.com/health/read/3100208/profesi-ini-paling-rentan-terpapar-polutan-udara

[2] https://www.liputan6.com/health/read/3100208/profesi-ini-paling-rentan-terpapar-polutan-udara

RELATED ARTICLES

Masker Sekali Pakai, Sumber Ut... January 29, 2021
Selain Covid-19, Waspada Penya... January 22, 2021
Tidak Mudah Kena Flu di Musim ... January 15, 2021
Pentingnya Jaga Jarak untuk Ce... January 8, 2021