Cara Mengukur Kualitas Udara di Rumah

December 6, 2020

Kualitas udara membantu untuk menentukan kesehatan pernapasan dan tubuh kita, terutama kualitas udara di rumah, dimana kita menghabiskan banyak waktu di dalamnya. Namun, bagaimana cara mengukur kualitas udara di rumah dan kenapa kita harus peduli dengan tingkat kualitas udara dalam rumah ini? Simak di sini!

Kualitas Udara

Pada Semester I/2016, polusi udara Jakarta level 45 mikrogram permeter kubik atau 4,5 kali dari ambang batas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kaum rentan terdampak ibu hamil, anak-anak, dan lansia.[1]

Berdasarkan laporan World Energy Outlook (WEO) menghitung, 70.000 potensi kematian dini akibat polusi udara di Indonesia pada 2015. Ia akan naik dua kali lipat pada 2040, yakni 140.000 kasus jika pemerintah tak memiliki langkah serius mengurangi sumber polutan.[2] Bayangkan kondisi ini berpengaruh langsung pada kesehatan pernapasan dan tubuhmu?

Cara Mengetahui Kualitas Udara

Udara merupakan campuran beberapa macam gas yang perbandingannya tidak tetap, tergantung pada keadaan suhu udara / tekanan udara dan lingkungan sekitarnya. Udara adalah juga atmosfer yang berada disekeliling bumi yang berfungsi sangat penting bagi kehidupan didunia ini. Dalam udara terdapat oksigen (O2) untuk bernapas, karbondioksida untuk proses fotosintesis oleh khlorofil daun dan ozon (O3) untuk menahan sinar ultra violet.

Gas-gas lain yang terdapat dalam udara antara lain gas-gas mulia, nitrogen oksida, hidrogen, methana, belerang dioksida, amonia dan lain-lain. Apabila susunan udara mengalami perubahan dari susunan keadaan normal seperti tersebut diatas dan kemudian mengganggu kehidupan manusia, hewan dan binatang, maka udara telah tercemar.

Pengukuran Kualitas Udara dengan Nilai AQI

AQI (Air Quality Index) bisa dinilai dari aplikasi Air Visual yang bisa diunduh di gadget-mu.  AQI atau Indeks kualitas udara kota jakarta yang berada di angka 189 tahun lalu membuat Jakarta sempat menjadi kota dengan tingkat polusi tertinggi.[3] Semakin tinggi nilai AQI, maka menunjukkan kalau tingkat polusi di wilayah itu juga semakin buruk.

Kualitas Udara di Rumah

Memang belum ada cara pasti untuk mengetahui secara persis berapa tingkat kualitas udara di rumah selain dengan pengambilan sampling penelitian. Namun, kita bisa tahu seberapa bersih udara di rumah dengan tinggi rendahnya serbuk debu dan udara kotor yang beterbangan, serta reaksi alergi yang kita alami sehari-hari. Karena walaupun kebersihan rumah sudah dijaga, partikel udara kotor tetap ada dan mengurangi kualitas hidup.

Nah, kamu bisa mencegah alergen serta partikel udara kotor lain masuk ke tubuhmu dengan QUIXX untuk proteksi ganda lho! QUIXX Nasal Protection adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai. Bubuk QUIXX dalam hidung akan berubah bentuk menjadi gel mukosa yang mencegah polusi, bakteri, kuman dan udara kotor “terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk dalam saluran pernapasan dan tubuhmu.

Terbuat dari bahan alami dan teruji klinis. Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai! Pakai QUIXX sebelum beraktivitas baik di luar maupun dalam ruangan agar saluran pernapasan dan tubuhmu terlindungi selalu dari udara kotor. Dengan begitu, kamu bisa terproteksi EXTRA dalam kondisi dan kualitas udara yang tidak menentu.


[1] https://www.mongabay.co.id/2017/02/20/mau-tahu-kualitas-udara-sekitar-bisa-pakai-aplikasi-ini/

[2] https://www.mongabay.co.id/2017/02/20/mau-tahu-kualitas-udara-sekitar-bisa-pakai-aplikasi-ini/

[3] https://news.detik.com/berita/d-4644468/data-airvisual-selasa-pagi-udara-jakarta-masih-terburuk-di-dunia

RELATED ARTICLES

Anak Kos Rentan Udara Kotor, I... November 26, 2020
Kualitas Udara Pekerja Lapanga... November 8, 2020
Polusi Saat Macet? Ini Cara Na... October 22, 2020
Udara Rumah Lebih Bersih? Begi... September 24, 2020