Tidak Mudah Kena Flu di Musim Hujan dengan 4 Kebiasaan Sehat Ini

January 15, 2021

Setiap orang pasti pernah terkena flu paling tidak sekali dalam hidupnya. Infeksi virus influenza memang dapat menyerang siapa saja di segala usia. Mengetahui berbagai penyebab flu merupakan salah satu langkah efektif supaya kamu bisa menghindari penyakit ini.

Virus influenza, penyebab utama penyakit flu

Flu atau influenza adalah infeksi pernapasan menular yang disebabkan oleh virus. Virus yang menjadi penyebab flu adalah virus influenza. Kamu bisa terinfeksi virus influenza jika menghirup percikan air liur (droplet) yang keluar dari mulut orang sakit flu saat mereka bersin dan batuk tidak menutup mulut. Virus influenza penyebab flu juga dapat menular lewat berbicara dengan orang yang sakit flu apabila jarak tubuh sangat berdekatan.

Selain melalui kontak udara, cara penularan influenza dapat terjadi ketika kamu menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang benda-benda yang terkontaminasi virus. Infeksi ini memengaruhi hidung, tenggorokan, dan paru-paru (sistem pernapasan). Jika tidak ditangani dengan tepat, jenis-jenis flu tersebut bisa berubah menjadi infeksi serius yang membahayakan pengidapnya.

Meminimalisir faktor risiko penyebab flu

Kamu bisa saja terkena penyakit influenza tanpa penyebab yang jelas. Mungkin kamu tidak merasa ada orang yang sakit di sekitar, tapi tiba-tiba jadi sakit flu. Meski kamu sendiri tidak tahu dari mana asal-usulnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari faktor risiko penyebab flu.

1. Pakai QUIXX Spray Nasal

QUIXX Nasal Protection adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai. Bubuk QUIXX dalam hidung akan berubah bentuk menjadi gel mukosa yang mencegah sumber penyakit flu dan partikel udara kotor “terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk dalam saluran pernapasan dan tubuhmu. QUIXX terbuat dari bahan alami dan teruji klinis. Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai. Pakai QUIXX sebelum beraktivitas baik di luar maupun dalam ruangan agar saluran pernapasan dan tubuhmu terlindungi selalu dari sumber penyakit flu dan partikel udara kotor.

2. Penuhi kebutuhan jam tidur

Saat tidur, tubuh normalnya akan memproduksi hormon sitokin untuk melawan peradangan dan penyakit dalam tubuh. Namun, jika kamu kurang tidur, tubuh tidak akan melepaskan sitokin sebagaimana mestinya. Akibatnya, kemampuan sistem imun untuk melawan kuman akan melemah, sehingga Anda lebih rentan terinfeksi virus influenza. Hal tersebut dapat bertambah buruk jika pada saat itu cuaca sedang buruk dan kamu juga stres. Kebutuhan tidur orang dewasa rata-rata berada di angka 7-8 jam setiap malamnya. Jadi, pastikan kamu cukup tidur supaya tidak gampang sakit, ya!

3. Pastikan selalu terhidrasi

Sebagian besar tubuh kita tersusun dari air. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari bahwa kurang minum bisa jadi salah satu faktor risiko penyebab tertular virus influenza. Ketika tubuh kurang cairan atau dehidrasi, fungsi dan kerja organ tubuh akan terganggu. Akibatnya, kamu mungkin akan lebih rentan untuk mengalami sejumlah masalah kesehatan.

Di samping itu, asupan cairan yang cukup juga membantu menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan kamu tetap lembap. Jika mulut, hidung, dan tenggorokan kering, kamu lebih mudah untuk terserang penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, seperti flu.

4.  Asupan vitamin D yang cukup

Kekurangan vitamin D ternyata juga bisa jadi salah satu faktor risiko penyebab flu. Selama ini kebanyakan orang mengira bahwa vitamin D bermanfaat untuk kesehatan tulang dan otot. Faktanya, vitamin D juga berperan untuk mencegah infeksi pernapasan akut.

Hal ini berdasarkan dari riset tinjauan yang dilakukan oleh para peneliti dari Queen Mary University of London. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa asupan vitamin D yang cukup dapat membantu mencegah infeksi virus penyebab influenza, bronkitis, dan pneumonia.

Di samping itu, penelitian lain juga melaporkan bahwa kekurangan vitamin D berhubungan dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Seperti yang kita tahu, ketika sistem imun lemah, tubuh akan lebih rentan terkena berbagai penyakit, termasuk flu.

Untungnya, vitamin D termasuk salah satu vitamin yang sangat mudah didapatkan. Dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit, kamu sudah mendapatkan sebagian asupan vitamin D.

Selain dari matahari, kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Beberapa di antaranya seperti ikan, kuning telur, susu, hati sapi, dan jamur.

Sumber: https://hellosehat.com/pernapasan/flu/penyebab-flu/#gref

RELATED ARTICLES

Pakai Masker Saja Saat Motoran... February 26, 2021
Masker Sekali Pakai, Sumber Ut... January 29, 2021
Selain Covid-19, Waspada Penya... January 22, 2021
Pentingnya Jaga Jarak untuk Ce... January 8, 2021