Usir Bosan, Olahraga Outdoor Jadi Hobi Sehat Baru Masa Pandemi

February 5, 2021

Di masa pandemi ini, banyak orang melirik kegiatan olahraga untuk bersenang-senang mengisi waktu luang sekaligus menjaga tubuh tetap fit. Tutupnya banyak pusat kebugaran membuat orang memilih olahraga outdoor seperti bersepeda, lari, hiking, atau fun walk. Bahkan kegiatan bersepeda menjadi trend baru yang positif sekarang ini, membuat sepeda harga standar hingga ratusan juta rupiah laris manis di pasar. Apakah Quixx friends menjadi salah satu yang mengikuti trend ini?

Trend olahraga outdoor ini memang memberi hasil positif dalam rangka meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak rentan terserang virus COVID-19. Namun, berolahraga saat pandemi memiliki tantangan tersendiri lho, apalagi dilakukan di ruang publik atau outdoor. Untuk itu, penting bagi Quixx friends harus tahu beberapa tips olahraga outdoor yang tepat saat pandemi.

  1. Mulai dengan intensitas ringan

Untuk memulai berolahraga kembali, ada beberapa tahapan yang mesti diperhatikan. Pertama, mulailah latihan dengan intensitas ringan sampai sedang. Tidak perlu langsung pakai latihan berat.

Sebagai ukuran intensitas ringan sampai sedang, Quixx friends bisa melihat angka heart rate saat berolahraga dengan bantuan aplikasi, yaitu 65 – 70 persen lebih tinggi dari angka maksimal heart rate mu. Misalnya, bila detak jantung 95 beat per minute (bpm) dalam kondisi normal, berarti batas heart rate untuk intensitas olahraga ringan hingga sedang adalah 152 bpm hingga 161 bpm.

Kedua, mulai dulu dengan frekuensi 2 – 3 kali seminggu. Hal ini melatih kita untuk kembali rutin berolahraga supaya tidak ada break panjang. Ketiga, mulailah dengan durasi 30 menit tiap aktivitas. Jika sudah merasa kuat, bisa ditambah porsi latihannya menjadi 45 menit.

Intinya jangan dipaksakan langsung aktivitas berat ya, Quixx friends! Tentu kita ingin badan jadi sehat dan fit karena olahraga, bukan sebaliknya kan?

  • Tetaplah mematuhi protokol kesehatan

Saat berolahraga di luar rumah, ingatlah untuk jaga jarak dan menghindari kerumunan. Sebisa mungkin cari lokasi yang tidak terlalu ramai untuk berolahraga di luar rumah. Bagaimanapun, ini dapat meminimalisir potensi tertular COVID-19. Akan tetapi, jika olahraga dilakukan bersama orang lain atau di tempat umum, tetap menjaga jarak, dan hindari berkerumun.

Kemudian, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dari air yang mengalir. Bawalah cairan yang berbasis setidaknya 60 persen alkohol seperti hand sanitizer selama melakukan kegiatan olahraga di luar rumah. Usahakan juga untuk tidak sering atau sama sekali tidak menyentuh permukaan benda di luar rumah saat olahraga. Penelitian mengatakan bahwa virus corona dapat bertahan hidup kulit manusia, termasuk tangan, selama beberapa jam.

Ketika terdapat droplet di tangan, lalu Quixx friends memegang wajah seperti hidung, mulut, atau mata, virus corona bisa masuk dan dengan mudahnya menginfeksi tubuh. Maka itu, menjaga kebersihan tangan saat olahraga di luar rumah sifatnya sangat penting!

  • Pehatikan pemakaian masker

Memakai masker saat sedang berolahraga memang tidak direkomendasikan karena dapat menyulitkan dalam bernapas sehingga mengganggu asupan oksigen ke dalam tubuh. Namun, masker wajib dipakai bila berolahraga di tempat umum untuk melindungi diri dan orang lain dari risiko penularan COVID-19. Masker bisa dilepas sejenak jika berada di tempat yang sepi supaya tubuh mendapatkan asupan oksigen yang dibutuhkan.

Quixx friends bisa mendapatkan extra protection dari udara kotor saat berolahraga outdoor dengan menggunakan QUIXX Nasal Protection, lho. Karena dengan menyemprotkan QUIXX sebelum berolahraga outdoor, saluran pernapasanmu terlindung dari udara kotor yang ada di sekitar.  QUIXX Nasal Protection adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai. Bubuk QUIXX dalam hidung akan berubah bentuk menjadi gel mukosa yang mencegah polusi, bakteri, kuman dan udara kotor “terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk dalam saluran pernapasan dan tubuhmu. Bubuk QUIXX terbuat dari bahan alami dan telah teruji klinis.

Cukup shake & pinch QUIXX sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai! Semprot dulu QUIXX ke hidung sebelum pakai masker dan berangkat olahraga. Dengan begitu, kamu bisa terproteksi EXTRA dari sumber penyakit dan artikel udara kotor saat berolahraga di outdoor.

Selamat berolahraga dengan terlindungi secara EXTRA, Quixx friends!

Sumber:

  1. https://tirto.id/tips-olahraga-di-luar-rumah-pada-masa-pandemi-covid-19-f5w6
  2. https://www.inews.id/lifestyle/seleb/bersepeda-menjadi-tren-positif-di-tengah-pandemi-covid-19
  3. https://money.kompas.com/read/2020/12/08/111500726/tetap-aktif-saat-pandemi-olahraga-jangan-kendor