Cari Tahu Mengapa Masker Medis Sebaiknya Tidak Dipakai Dobel

February 22, 2021

Demi terlindungi dari virus corona COVID-19, menggunakan masker dobel / double kerap diyakini sebagai langkah perlindungan yang efektif dari risiko penularan COVID-19. Nyatanya, menggunakan masker double ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan lho, karena bisa mengganggu fungsi dari masker itu sendiri, terutama seperti masker medis sebaiknya tidak dipakai dobel.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito meluruskan hal tersebut, masker medis tidak boleh digunakan secara double. Sebab menggunakan masker medis sekaligus dua tidak akan meningkatkan kemampuan filtrasi dari masker. Terutama, jika hidung dan mulut tidak tertutup masker dengan baik.

“Jangan gabungkan 2 masker medis secara bersamaan sebab masker medis tidak dirancang untuk bisa digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan kemampuan filtrasi dan kesesuaian masker,” ujarnya.

Selain menggunakan masker medis, jenis masker KN95 juga tidak disarankan lho untuk digunakan secara double. Baik itu dengan jenis masker yang sama atau berbeda sebagai lapisan pertama atau kedua.

Selain itu, Wiku menegaskan, yang terpenting, untuk setiap orang wajib menggunakan masker untuk melindungi diri dan orang lain dari risiko penularan COVID-19. Apa pun jenis masker, pastikan masker menutupi hidung dan mulut dengan baik agar celah udara bisa diminimalkan.

“Masker bekerja paling baik saat semua orang memakainya. Tapi tidak semua masker memberikan perlindungan yang sama. Seberapa baik masker, seberapa kuat masker menyaring udara, dan berapa lapis yang dimilikinya, semua penting untuk dipertimbangkan saat memilih masker,” pungkasnya. Nah, buat kamu yang tahu kalau masker saja nggak cukup dan ingin perlindungan ganda dari udara kotor, kamu bisa semprot QUIXX dulu sebelum pakai masker! QUIXX adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia.

Untukmu yang familiar dengan rasa tidak nyaman pemakaian nasal spray cair, QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai. Saat disemprot ke hidung, bubuk QUIXX akan berubah menjadi gel mukosa yang menempel dipermukaan lubang hidung yang mencegah partikel udara kotor, kuman dan bakteri “ terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk ke dalam saluran pernapasanmu. QUIXX terbuat dari bahan alami Hypercellulose Powder dan Peppermint yang telah teruji klinis. Cukup shake & pinch, bekerja cepat dalam 2 menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai.  Gunakan QUIXX sebelum dan setelah beraktivitas agar kamu selalu terlindungi dari udara kotor


RELATED ARTICLES