Kebiasaan Seringnya Pakai-Lepas Masker Tidak Dianjurkan

March 16, 2021

Bagaimana cara kamu menggunakan masker selama ini? Sering atau sesekali lepas pakai? Terutama  Jika ya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Peneliti bidang mikrobiologi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Sugiyono Saputra, PhD mengatakan, penting untuk memperhatikan etika penggunaan masker. Salah satunya, kebiasaan pakai-lepas masker tidak dianjurkan loh. Selain itu, jika ingin melepas atau ingin membuang masker agar tidak menyentuh bagian depan masker.

“Lebih baik tidak sentuh masker ketika melepasnya dan tidak bolak-balik ketika memakainya lagi,” ujar Sugiyono. Bagian depan atau belakang masker, lanjut dia, juga merupakan bagian yang kotor dan bervirus. “Bagian depan mungkin ada droplet atau partikel dari luar, bagian dalam itu kotor oleh droplet pemakai,” ujar dia. Meski menggunakan masker, penggunanya harus tetap waspada.

Ia mengatakan, bahkan menggunakan masker pun tidak menjamin kita tidak tertular. Alasannya, dalam proses penggunaan masker ada saat dilepas saat makan dan minum.  Namun, tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan membiasakan diri untuk tidak menyentuh area wajah. Hal itu dinilai lebih efektif untuk mencegah agar seseorang tidak terinfeksi. 

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. DR. dr. Ari Fahrial Syam, menilai, ada kekeliruan yang kerap dilakukan dalam penggunaan masker. Ari mengatakan,, ia melakukan pengamatan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Dari pengamatannya, ada yang memakai masker dengan cara yang tidak tertib. Misalnya, kata dia, masker yang digunakan diturunkan ke dagu, leher, dan masker terpasang longgar, Penggunaan seperti ini, kata dia, membuat masker menjadi sumber penularan. Sebab, pada bagian yang terpakai sudah terbuka dan bagian yang merupakan tempat mencegah masuknya kuman berada pada posisi yang mudah terhirup oleh hidung. “Saya rasa ini harus menjadi perhatian, kalau tidak mau lagi menggunakan masker sebaiknya dilepas dan dibuang,” kata Ari. Jadi yuk kurangi atau hindari kebiasaan pakai-lepas masker sebisa mungking agar tidak ningkatin risiko ya.

Menyemprotkan QUIXX sebelum masker untuk perlindungan ganda dari udara kotor

Karena memang sesekali terpaksa buka tutup masker, kamu bisa pakai cara ini agar tetap terlindungi dari udara kotor saat maskermu dilepas, yaitu dengan menyemprotkan QUIXX ke hidung sebelum pakai masker. QUIXX adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX bekerja aktif, extra lindungimu dari allergen penyebab gangguan napas diantara nya berupa partikel udara kotor, kuman dan bakteri. Untukmu yang familiar dengan rasa tidak nyaman dengan pemakaian nasal spray cair, kabar baiknya adalah QUIXX bentuknya bubuk sehingga nyaman dipakai.

Saat disemprot ke hidung, bubuk QUIXX akan berubah menjadi gel mukosa yang menempel dipermukaan lubang hidung yang mencegah partikel udara kotor, kuman dan bakteri “ terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk ke dalam saluran pernapasanmu. QUIXX terbuat dari bahan alami Hypercellulose Powder dan Peppermint yang telah teruji klinis. Cukup shake & pinch, bekerja cepat dalam 2 menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai. Pakai QUIXX untuk meminimalisir alergi musimanmu dan juga agar kamu selalu terlindungi dari partikel udara kotor.