4 Jenis Penyakit yang Sering Menyerang Hidung

March 22, 2021

Hidung adalah salah satu aset terpenting pada tubuh manusia. Namun juga adalah organ yang paling terekspos polusi, virus, kuman dan bakteri dari udara kotor sehari-hari yang kita hirup. Kesehatannya harus senantiasa dijaga agar tidak rentan terkena masalah-masalah hidung yang merugikan. Nah, berikut ini adalah deretan gangguan atau penyakit yang sering menyerang hidung dan umum kita alami:

1.      Gangguan penciuman

Penyakit atau gangguan pada hidung lainnya yang umum terjadi adalah kehilangan daya penciuman. Kondisi ini biasanya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu hiposmia dan anosmia.

Hiposmia adalah kondisi ketika kemampuan mencium bau Anda menurun atau berkurang. Anda tidak bisa mencium bau suatu objek atau benda sebaik biasanya.

Berbeda dengan hiposmia, anosmia adalah kondisi di mana daya penciuman Anda benar-benar hilang. Hidung Anda tidak bisa menangkap bau apapun sama sekali.

Kondisi penurunan daya penciuman biasanya disebabkan oleh gangguan lain yang juga terjadi pada hidung, seperti polip hidung, infeksi sinus, pilek, atau infeksi saluran pernapasan.

Selain itu, masalah kesehatan lain juga bisa memengaruhi daya penciuman Anda, mulai dari ketidakseimbangan hormon, masalah gigi, paparan zat kimia tertentu, hipertensi, serta diabetes.

  • Rhinitis

Rhinitis adalah penyakit pada hidung yang ditandai dengan hidung meler, bersin, hidung tersumbat, serta kelelahan. Kondisi ini dapat dialami anak-anak dan orang dewasa.

Kondisi ini terbagi dalam 2 jenis, yaitu rhinitis alergi dan rhinitis non-alergi (vasomotor). Pemicu pada rhinitis alergi dapat meliputi alergen, seperti bulu binatang dan debu. Sementara itu, rhinitis non-alergi biasanya disebabkan oleh paparan iritan dan perubahan cuaca, meski hingga saat ini penyebab pastinya belum diketahui.

  • Pilek

Pilek merupakan penyakit hidung langganan semua kalangan, tanpa pandang bulu. Baik pria dan wanita, yang tua dan yang muda hampir semuanya pasti pernah mengalami pilek.

Pilek biasanya disebabkan oleh infeksi rhinovirus. Gejala pilek biasanya muncul 1-3 hari setelah terpapar virus tersebut. Virus ini dapat menyebar melalui tetesan air liur yang menyembur di udara saat seseorang batuk, berbicara, atau bersin. Kemudian, rhinovirus masuk ke tubuh orang sehat melalui mulut, mata, atau hidungnya.

Selain hidung ingusan dan tersumbat, gejala pilek bisa termasuk sakit tenggorokan, bersin-bersin, demam ringan, badan pegal linu, dan sakit kepala.

Pilek biasanya tidak berbahaya, tapi terkadang bisa juga menjadi gejala dari penyakit tertentu.

  • Influenza

Orang sering kali bingung membedakan flu dan pilek biasa. Kedua penyakit hidung ini memang memunculkan gejala yang mirip, namun keduanya disebabkan oleh virus yang berbeda.

Influenza atau flu biasa disebabkan oleh tiga jenis virus flu, yaitu influenza A, influenza B, dan inluenza C. Jika pilek bisa terjadi kapan saja di sepanjang tahun, penyebaran flu biasanya lebih musiman.

Gejala flu sering datang tiba-tiba dan bisa berlangsung selama 7-10 hari, tapi flu bisa sembuh sepenuhnya dan tidak berbahaya. Namun, beberapa orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah bisa mengalami gejala flu yang cukup parah dan mungkin mengancam jiwa akibat komplikasinya.

Terlindungi dari sumber penyakit di udara kotor dengan QUIXX Nasal Spray

Setelah tahu beberapa penyakit yang sering menyerang hidung, kamu jadi ekstra khawatir? Tenang, berian perlindungan ganda selain masker dari partikel udara kotor sumber penyakit yang ada di sekitar dengan semprotkan QUIXX ke hidung sebelum pakai masker! QUIXX adalah nasal spray dari Inggris yang kini hadir di Indonesia. QUIXX bekerja aktif lindungimu dari alergen yang salah satunya berupa kuman, bakteri dan udara kotor. Untukmu yang familiar dengan rasa tidak nyaman pemakaian nasal spray cair, kabar baiknya adalah QUIXX berbentuk bubuk sehingga nyaman dipakai.

Saat disemprot ke hidung, bubuk QUIXX akan berubah bentuk menjadi gel yang menempel dipermukaan lubang hidung mencegah udara kotor, kuman dan bakteri “terperangkap” di lini awal sehingga tidak masuk dalam saluran pernapasanmu. QUIXX terbuat dari bahan alami Hypercellulose Powder dan Peppermint dan telah teruji klinis. Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi saluran pernapasan selama 6-8 jam dalam sekali pakai. Pakai QUIXX agar kamu selalu terlindungi dari udara kotor sumber penyakit!