Masker Saja Apakah Cukup dan Nyaman?

April 27, 2020
image source: bbc.co.uk

Meningkatnya jumlah pasien positif terinfeksi virus corona atau covid-19 di Indonesia, menyebabkan makin diburunya masker oleh masyarakat sehingga menyebabkan kelangkaan.Tidak hanya di Indonesia, Organisasi Kesehatan Dunia yaitu WHO juga telah memperingatkan bahwa alat pelindung seperti masker dan kacamata yang digunakan oleh petugas kesehatan yang memerangi virus corona sudah hampir habis.[1] Namun, apakah masker saja cukup melindungi, dan bisa menanggulangi tingkat terpapar virus dan partikel buruk lainnya dari udara kotor?

“Masker wajah tidak selalu bisa mencegah seseorang dari virus corona atau Covid-19. Tapi, masker ini bisa mencegah penyebaran kuman yang Anda miliki,” kata Dr. Deborah Spicehandler, wakil ketua bidang khusus penyakit menular di Rumah Sakit Westchester Utara, seperti dikutip dari NY Post.[2] “Selain itu, penggunaan masker kain ini bisa membantu seseorang mencegah tangannya menyentuh area wajah, seperti mulut, hidung dan mata. Karena, kebiasaan menyentuh wajah itu bisa menularkan virus jika tangan Anda baru saja menyentuh permukaan yang terkontaminasi.” Jelasnya. Sekarang, pemakaian masker memang sudah dianjurkan pemerintah untuk mengurangi tingkat tertularnya virus.[3] Namun faktanya, apakah masker cukup melindungi saluran pernapasan kita ketika kebersihan dan efektivitasnya kian dipertanyakan karena dipakai secara harian dan terus menerus.

Kini, Anda bisa juga memiliki perlindungan ekstra dengan pemakaian masker yang disertai dengan penggunaan QUIXX Nasal Protection Spray. Cara kerja QUIXX yang berbentuk bubuk ini adalah melapisi dari dalam hidung dam bertindak sebagai lapisan gel mukosa yang mencegah virus, bakteri dan partikel udara kotor di lini awal. Pemakaiannya pun praktis dan langsung bekerja dalam 2 (dua) menit, bekerja efektif melindungi saluran pernapasan Anda selama 6-8 jam dalam sekali pemakaian. QUIXX mengandung bahan alami, tanpa efek samping seperti kantuk, dan telah teruji klinis. Jadi tunggu apa lagi? Segera berikan dirimu perlindungan ekstra untuk kesehatan pernapasan Anda dengan QUIXX Nasal Protection Spray.

Stay safe, stay protected di masa pandemi sekarang untuk kita semua ya 🙂


[1] https://www.bbc.com/indonesia/majalah-51218404

[2] https://nypost.com/2020/04/03/do-diy-face-masks-work-all-your-coronavirus-mask-questions-answered/

[3] https://www.cnbcindonesia.com/news/20200406153138-4-150070/jokowi-wajibkan-warga-pakai-masker-ternyata-tak-mudah-pak