5 Jenis Olahraga Mudah Di Rumah Selama Masa Pandemi

April 30, 2020
Source: Skinny MS

Mencari cara supaya tetap bisa olahraga di rumah? Olahraga adalah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama di masa menantang ini. Tidak perlu langsung mengubah gaya hidup seperti atlet, olahraga ringan ini bisa dilakukan di mana saja, terutama di rumah. Ini dia 5 (lima) rekomendasi olahraga mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Lari

Olahraga di rumah ini mungkin yang paling mudah untuk dilakukan . Dengan berlari, Anda bisa mendapatkan efek yang sangat positif untuk seluruh tubuh. Jika tak terbiasa lari, Anda bisa memulainya dengan jogging selama 10 menit terlebih dahulu. Lalu tambah waktu dan jarak, hingga mampu menyelesaikan jarak dan waktu sesuai dengan kemampuan. Lari bisa membakar glikogen atau karbohidrat yang tersimpan di otot.[1] Setelah lari jangan lupa untuk melakukan pendinginan ya!

2. Yoga

Jika menurutmu lari termasuk olahraga berat, yoga bisa menjadi solusinya. Berlatih yoga membawa kesadaran pada tubuh, pikiran, dan emosi yang menyelaraskan kesehatan fisik dan mental. Yoga membangun kesehatan kardiovaskular, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan fungsi pernapasan, detak jantung, meningkatkan sirkulasi darah, membangun otot, dan mengurangi peradangan.[2] Banyak sekali kan manfaatnya! Anda bisa mengikuti banyak tutorial yoga mudah di internet, dan langsung bisa berolahraga di rumah.

3. Berenang

Kalau Anda punya kolam renang, yuk lakukan olahraga air satu ini! Berenang punya efek efisien seperti latihan aerobik, karena dapat menguatkan jantung jantung sehingga membuatnya lebih efisien dalam memompa. Dengan begitu, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar.[3] Tubuh pun terasa lebih segar dan fit. Jika Anda tidak bisa berenang, gunakanlah alat bantu renang seperti ban atau papan renang.

4. Bersepeda

Olahraga mudah ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Bersepeda berguna untuk melatih otot-otot pada tubuh dan melancarkan peredaran darah.[4] Bersepeda santai keliling komplek di pagi hari sambil berjemur akan membuat tubuhmu sehat!

5. Angkat Beban

Tidak perlu barbel yang beratnya berlebihan, Anda cukup mengangkat beban yang kecil-kecil saja namun rutin dilakukan. Dengan begitu otot-otot dalam tubuh dapat bekerja secara optimal. Selain di antara banyak manfaatnya adalah menjaga postur tubuh, meningkatkan metabolism, dan mempromosikan weight loss.[5]

Sebelum berolahraga, pastikan juga kalau kualitas udara di rumah juga bersih ya! Anda juga bisa menjaga Kesehatan pernapasan anda dan membuat saluran pernapasan terbebas virus dan udara kotor dengan menggunakan QUIXX Nasal Protection, produk semprot hidung pertama di Indonesia berbentuk bubuk. QUIXX bertindak sebagai gel mukosa dan mencegah polusi, bakteri, virus dan udara kotor di lini awal untuk tidak masuk dalam napasmu. Terbuat dari bahan alami, aman dan teruji klinis. Cukup shake & pinch sebentar selama 2 (dua) menit, QUIXX lindungi napas selama 6-8 jam dalam sekali pakai! Pakai QUIXX sebelum beraktivitas baik di luar maupun dalam ruangan agar napasmu terlindungi selalu. Stay protected!


[1] https://healthyeating.sfgate.com/many-carbohydrates-burned-running-11542.html

[2] https://osteopathic.org/what-is-osteopathic-medicine/benefits-of-yoga/

[3] https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming

[4] https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/cycling-health-benefits

[5] https://globalnews.ca/news/3513498/8-reasons-why-weight-training-is-incredible-for-your-health/