Kualitas Udara Rumah Bisa Jadi Lebih Kotor

April 30, 2020
source: bbc

Ternyata, sebanding dengan buruknya kualitas udara di luar ruangan, udara dalam rumah ternyata bisa lebih kotor dan berbahaya. Ketika Anda mendengar tentang polusi udara, pasti hal yang pertama kamu pikirkan adalah asap pabrik dan knalpot kendaraan. Padahal menurut penelitian, udara rumah bisa jauh lebih kotor dan tercemar daripada udara di luar, seperti dikutip dari South China Morning Post.[1]

Diperkirakan sebagian besar orang menghabiskan 90% hidup mereka di dalam ruangan, baik itu rumah, sekolah, pekerjaan atau di mana yang merupakan lingkungan tertutup pribadi atau publik. Udara di dalam rumahmu biasanya merupakan campuran polutan luar, seperti yang berasal dari kendaraan atau pabrik. Dan bagian kedua adalah kontaminan dalam ruangan, seperti sumber pembakaran dan emisi dari bahan bangunan, perabotan dan peralatan elektronik. Tingkat kelembaban, produk pembersih, dan bahan kimia juga sangat berbahaya dan dapat mencemari udara di ruang hidupmu. Alasan lain mengapa udara dalam rumah tidak sehat adalah gaya hidup penghuninya itu sendiri, yaitu perokok atau memelihara hewan.

Ini hanya menunjukkan bahwa banyak orang berisiko menghirup udara kotor dan tercemar setiap hari dalam rumah. Selain itu, kualitas udara yang buruk bahkan lebih berbahaya bagi kelompok rentan seperti anak-anak, orang tua atau orang yang mengidap penyakit gangguan pernapasan atau kardiovaskular. Penelitian ini menunjukkan bahwa udara rumah yang kotor dan tercemar bisa memengaruhi anak- anak lebih banyak daripada udara luar. Sistem pernapasan adalah target utama untuk polutan udara dan bisa menyebabkan masalah kesehatan untuk anak-anak.

Kelompok kedua orang yang memiliki risiko tertinggi masalah kesehatan akibat polusi udara adalah orang lanjut usia. Sebuah studi oleh European Lung Foundation, menemukan bahwa polusi udara dalam ruangan di panti jompo memiliki efek besar pada sistem pernapasan para lansia dan kualitas hidup mereka.[2] Studi ini mengklaim bahwa penurunan Indeks Kualitas Udara bisa menurunkan produktivitasmu sebesar 5%.

Karena situasi pandemi sekarang yang menuntut kita untuk berada dalam rumah sebagai gerakan kolektif menekan tingkat penularan virus, sebaiknya kita lebih memperhatikan kualitas udara di dalam ruangan dan rumah. Anda dapat menggunakan QUIXX Nasal Protection Spray sebagai perlindungan utama dari bahaya udara kotor. QUIXX adalah produk semprot hidung pertama di Indonesia yang berbentuk bubuk, berfungsi melindungi pernapasan Anda dari udara kotor, polusi, virus dan bakteri di lini awal hidung. QUIXX terbuat dari bahan alami, aman dan telah teruji klinis. QUIXX bekerja sebagai gel mukosa dalam hidung yang menjebak partikel udara kotor masuk ke saluran pernapasan Anda. Cukup shake and pinch sebentar, QUIXX siap melindungi Anda selama 6-8 jam dalam sekali pemakaian. You are ready to breathe with no worry, every time and every where