Udara dalam Mobil Buruk? Perbaiki dengan 5 Cara Ini

June 11, 2020
Pusing Karena Aroma Mobil? Coba Pakai Tiga Wangi Ini
sumber: line today

Coba perhatikan, berapa jam dalam sehari kita habiskan di dalam mobil alias rumah kedua kita ini? Studi menunjukkan bahwa rata-rata orang menghabiskan 4,3 tahun dalam hidupnya berada dalam mobil.[1] Kalau kamu termasuk orang dengan mobilitas tinggi, maka lebih banyak lagi waktumu habis di dalamnya. Nah, apa jadinya jika ternyata udara dalam mobil kamu lebih berpolutan dibandingkan udara di luar?

Ternyata dugaan itu benar, menurut penelitian yang dilakukan oleh British Government’s Environmental Audit Committee, kualitas udara dalam mobil bisa sampai 15x lebih buruk daripada udara luar![2] Seringkali kita tidak aware jika udara dalam mobil juga berpolutan. Jendela mobil yang selalu tertutup atau AC yang selalu nyala tidak menjamin udara dalam mobil bebas polutan. Polusi dari asap knalpot kendaraan di depan mobil masih bisa masuk ke dalam. Bahkan bahan kimia yang terdapat pada interior mobil juga bisa menambah daftar polutan.

Kondisi ini makin diperparah jika pemakai mobil memiliki kebiasaan seperti:

  1. Merokok di dalam mobil. Meskipun merokok dengan membiarkan jendela terbuka, tetap saja asapnya melekat di jok dan kabin.
  2. Makan minum di dalam mobil dan meninggalkan remahannya berjatuhan begitu saja.
  3. Meninggalkan barang di mobil sampai berhari-hari, misalnya saja jaket, selimut, atau car seat. Jika dibiarkan lama di mobil akan kotor dan menjadi sarang bakteri.
  4. Penggunaan pengharum mobil berbahan kimia.

Jadi, bagaimana cara untuk mengurangi polutan di dalam rumah kedua ini dan meningkatkan kualitas udara dalam mobil?

  1. Berkendaralah di jam-jam yang tidak sibuk untuk menghindari kemacetan. Macet akan membuatmu berjam-jam mengisap asap knalpot dari mobil di depan. Jika terpaksa, carilah jalur alternatif yang tidak padat.
  2. Jaga jarak yang aman dengan kendaraan berasap seperti truk diesel.
  3. Pastikan mobil memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika sedang berada di taman atau tempat yang banyak pepohonan bukalah jendela agar udara mengalir.
  4. Bersihkan mobil secara berkala. Cuci barang-barang yang tertinggal di dalam mobil.
  5. Hindari menggunakan pewangi mobil berbahan kimia.[3]

Jangan lupa juga untuk beri perlindungan ekstra untuk saluran pernapasanmu. Gunakan QUIXX Nasal Protection Spray untuk lindungi pernapasan dari udara kotor. QUIXX adalah produk semprot hidung pertama di Indonesia yang berbentuk bubuk. Bekerja cepat melindungi tubuh dari bakteri, virus, polusi dan udara kotor di lini awal. QUIXX terbuat dari bahan alami dan telah teruji klinis. Cukup shake and pinch sebentar, QUIXX yang bekerja langsung dalam 2 (dua) menit langsung melindungi napas selama 6-8 jam dari sekali pemakaian. Ready to breathe with zero worry!


[1] TW White and Sons, https://visual.ly/community/infographic/transportation/how-much-time-do-you-spend-your-car

[2]https://www.gov.uk/government/publications/health-matters-air-pollution/health-matters-air-pollution

[3] https://www.epa.gov/transportation-air-pollution-and-climate-change/what-you-can-do-reduce-pollution-vehicles-and-engines