Ini Bahaya Pengharum Ruangan Bagi Kesehatan

June 11, 2020
sumber: alodokter

Bahaya pengharum ruangan bagi kesehatan sangat banyak dan bervariasi, mulai dari pemicu pusing, hingga sakit paru-paru seperti asma. Berhati-hatilah bagi kamu yang suka menyemprot ruangan dengan produk ini. Meskipun sepertinya dapat membuat ruangan lebih harum, sebenarnya pengharum ruangan yang kamu semprotkan tidak menetralisir bau, dan  dapat merusak kualitas udara dalam rumah.

Ironis memang, satu produk dirancang untuk menghasilkan bau harum yang kuat dengan cara mengorbankan satu hal yang penting, yaitu kualitas udara. Apalagi jika rumahmu tertutup, maka zat-zat beracun ini akan terperangkap di dalam rumah. Penyegar udara juga dapat membahayakan hewan peliharaan, yang memiliki metabolisme lebih cepat. Mereka juga sangat berbahaya bagi orang-orang dengan kondisi paru-paru seperti asma dan alergi. [1]

Sebenarnya, bahaya pengharum ruangan tergantung dari jenis dan bentuknya. Setiap jenis dan bentuknya mengandung komponen kimia aktif yang berbeda-beda. Pengharum ruangan sendiri biasanya berbentuk padat, cair, gel, dan semprot.

Bahaya pengharum ruangan semprot lebih tinggi untuk kesehatan manusia karena dapat mempengaruhi sistem reproduksi akibat salah satu kandungan kimia aktif utama produk sejenis bernama phthalates. Selain itu, untuk anda yang sering menggunakan pengharum ruangan dalam bentuk semprot, bahaya pengharum ruangan ini dapat menyebabkan asma.[2]

Tidak hanya pengharum ruangan dalam bentuk aerosol yang biasanya dikeluarkan dalam spray dan pengharum ruangan bentuk gel, pengharum ruangan berbentuk padatan atau yang keluar melalui air diffuser juga bisa jadi beracun. Bahkan, lilin yang mengeluarkan wangi seperti lilin-lilin aroma terapi yang saat ini banyak diminati juga bisa jadi mengandung bahan kimia berbahaya.

Beberapa zat kimia yang sudah dilarang penggunaannya oleh pemerintah adalah musk, geranyl nitrile, ambrette, dan zat kimia 7-methylcoumarin. Kamu harus pastikan tidak ada bahan-bahan ini pada wewangian yang anda gunakan sehingga memperkecil bahaya pengharum ruangan.

Berbagai penelitian ternyata telah mengonfirmasi beberapa risiko pengharum ruangan terhadap kesehatan manusia, berikut di antaranya.[3]

1. Pengharum ruangan, parfum, produk perawatan tubuh, hingga produk pembersih dapat menyebabkan sakit kepala.

2. Terdapat dugaan bahwa makin banyak orang yang menggunakan pengharum ruangan maupun pembersih semprot, maka risiko gejala asma bisa meningkat.

3. Pengharum ruangan, terutama yang mengandung 1,4-dichlorobenzene dapat membahayakan paru-paru. Meski akibatnya kadang tidak terlalu terasa, tetapi bahan ini dapat berbahaya pada pengidap gangguan paru-paru ataupun asma. Gangguan ini kemudian dapat memicu bahaya lain seperti stroke, kanker paru-paru, atau penyakit jantung.

4. Sebagian orang mengalami alergi terhadap pewangi, termasuk pengharum ruangan. Gejala yang umumnya dirasakan adalah rasa tidak nyaman pada hidung dan perubahan pada kulit seperti gatal, bengkak, dan luka melepuh.

Efek di atas tentu saja tidak dialami dalam kadar yang sama oleh tiap orang. Tetapi untuk mencegah kemungkinan yang tidak diinginkan, maka ada baiknya untuk mengurangi risiko dengan melakukan cara-cara sederhana di bawah ini.

Selain menggunakan pengharum ruangan, cobalah untuk:

1. Gunakan baking soda untuk menetralkan bau tidak sedap pada tong sampah, pembuangan air, dan pada karpet sebelum dibersihkan.

2. Potongan jeruk dapat ditempatkan di dapur atau kamar mandi untuk menghilangkan bau tidak sedap.

3. Biji kopi dapat ditempatkan di dalam lemari pendingin ataupun tempat cuci piring untuk menyerap aroma yang tidak mengenakkan.

4. Selain cara di atas, cara terbaik untuk menghilangkan bau yang tidak mengenakkan di ruangan adalah dengan sesering mungkin membuka pintu dan jendela. Hal ini akan memperlancar pertukaran udara dan mengeluarkan aroma tidak sedap dari ruangan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan QUIXX Nasal Protection Spray untuk perlindungan utama pernapasan dari udara kotor. QUIXX adalah produk semprot hidung pertama di Indonesia yang berbentuk bubuk. Bekerja cepat melindungi tubuh dari bakteri, virus, polusi dan udara kotor di lini awal. QUIXX terbuat dari bahan alami dan telah teruji klinis. Cukup shake and pinch sebentar, QUIXX yang bekerja langsung dalam 2 (dua) menit langsung melindungi napas selama 6-8 jam dari sekali pemakaian. Saluran pernapasan terlindungi dan membuat kualitas udara yang dihirup pun lebih baik. QUIXX, your daily defense, daily protection!


[1] https://healthland.time.com/2011/11/08/why-air-fresheners-can-trigger-respiratory-problems/

[2] https://www.nrdc.org/media/2007/070919

[3] https://www.considerable.com/home/cleaning-organizing/are-air-fresheners-bad-for-you/